Selasa, 09 Februari 2016

MARHUSIP, MARHATA SINAMOT, MARTUMPOL DAN MANIKKIR TANGGA

Tata cara penikahan dalam adat  Batak Toba terdiri dari beberapa tahapan, yang mana hal ini menjadi serangkaian prosesi yang dilakukan secara berkelanjutan.   Namun dalam hal ini ada beberapa tahapan yang tentunya sangat penting dalam keseluruhan rangkaian, yakni marhusip. marhata sinamot, martumpol dan manikkir tangga.



MARHUSIP
Marhusip adalah salah satu acara pra pesta pamasumasuon (pesta pernikahan) di adat batak, dimana dalam acara ini akan ada perundingan antara pihak keluarga calon mempelai laki-laki dengan pihak keluarga calon mempelai perempuan. Sifat dari acara ini tertutup dan yang akan dibahas di acara ini adalah berapa sinamot
(mas kawin) yang akan diberikan oleh pihak calon mempelai laki-laki kepada pihak calon mempelai perempuan.


MARHATA SINAMOT
Marhata sinamot adalah sub acara dari acara perkawinan (pesta pamasumasuon) dalam adat Batak Toba, dimana dalam acara ini pihak lelaki (paranak) dan pihak perempuan (parboru) bertemu di tempat yang
telah dipersiapkan oleh pihak perempuan (parboru). Tempat diadakan acara ini biasanya di rumah pihak perempuan (parboru) Topik pembicaraan dalam acara ini adalah lebih dominan ke sinamot (tuhor ni boru).


MARTUMPOL
Martumpol adalah salah satu acara pra pesta pernikahan adat (pamasu-masuon) Batak Toba. Acara ini dilakukan di Gereja, dimana dihadiri oleh saksi dari keluarga calon mempelai laki-laki dan keluarga calon mempelai perempuan. Acara ini biasanya dilaksanakan 2-3 minggu sebelum acara  pernikahan.




MANIKKIR TANGGA
Manikkir tangga adalah acara adat dimana keluarga dari pengantin perempuan melakukan kunjungan pertama ke rumah keluarga pengantin laki-laki.Di acara ini,pihak keluarga pengantin perempuan membawa
ikan dan boras sipir ni tondi(beras). Keluarga pengantin laki-laki menyediakan pinahan lobu (daging babi) untuk disantap bersama.






2 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  2. Apakah diperbolehkan klo dimarhusip anak perempuan(menjelang menikah)sdra laki2nya satu2nya tdk dipanggil pdhal sdr laki2nya(itonya kandung cuma 1)&apakah bisa itonya laki2 itu bisa digantikan saat pesta dgn yg lain alasannya krn kebencian yg mendlm terhdp itonya laki2.

    BalasHapus

Jangan lupa meninggalkan komentar anda disini.

DAFTAR ARTIKEL WBC


'