Kamis, 13 Agustus 2015

ELAT, LATE, TEAL, HOSOM

Ada 4 (tiga) sikap, sifat dan perilaku  yang digaris bawahi oleh Leluhur Batak untuk dihindari, yaitu elat, late, teal, hosom.  Tiga diantaranya dalam "istilah" ini terdiri dari empat abjad sama yang susunannya dibolak balik.

Berikut pengertian dari keempat kata tersebut :

1. Elat adalah memendam perasaan:  iri, cemburu yang negatif.

2. Late adalah merupakan iri dengki dan cemburu yang disertai niat dan perbuatan negatif.  Late disertai upaya-upaya untuk merusak dan menghancurkan pihak yang dicemburui atau didengkii. 
              
3. Teal adalah merupakan perilaku munafik (tidak sesuai keadaan, berbeda antara ucapan dan perilaku).  Jika dikatakan pateal-tealhon artinya berbuat seolah-olah besar tetapi tidak ada apa-apanya. Misalnya: meninggikan diri, berlagak orang kaya tetapi keadaan sebenarnya berbeda jauh. Teal bisa timbul karena elat, perasaan ingin atau lebih dari orang lain. Elat yang tidak terkendali menjadi late.

4. Hosom adalah merupakan rasa dendam, dan kebencian.Hosom ini terjadi dilatarbelakangi oleh salah satu atau lebih ketiga sikap tersebut.


5 komentar:

  1. mauliate.
    teruslah menulis yang bermanfaat utk kebaikan orang banyak terlebih khususnya eksistensi batak itu sendiri,botima.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sebenernya ini pelajaran yg bisa diambil baiknya. Leluhur kita menasihati bhw manusia terindikasi ada elat teal late hosum jd ini nasihat mulia yg bisa diterapkan di 2 sisi. Bagi yang mau mengkoreksi diri bhw dia punya sifat elat, teal, late, hosum maka nasihat ini jadi acuan untuk memperbaiki diri latihan terus menerus utk tidak elat, teal, late, hosum. Bagi yg tulus2 dlm bergaul maka nasihat ini bermanfaat utk menjadi lampu kuning utk berhati2 dlm pergaulan sesuai pepatah jinak seperti burung merpati cerdik seperti ular. Jadi sebuah informasi menjadi berharga tergantung bagaimana mind set kita menerima dan mengolahnya. Mauliate Godang.

      Hapus
  2. memang benar apa yang dikatakan ybs 🤭

    BalasHapus

Jangan lupa meninggalkan komentar anda disini.

DAFTAR ARTIKEL WBC


'