Sabtu, 28 Februari 2015

ADONG DO HAPE GOAR NI HUTA BATAK DI BULGARIA (EROPA) ?

Nama Kota BATAK di Bulgaria, Apakah ini ada kaitannya dengan nama  suku Batak?, atau hanya kebetulan saja (masih perlu kajian historis lebih lanjut).

Batak adalah sebuah kota kecil meringkuk di antara kaki bukit utara Batashka Gunung di Barat Rodope Mountain. Ini adalah 156 km sebelah tenggara dari Sofia dan 35 km selatan kota kabupaten Pazardjik. Batak merupakan salah satu simbol dari perjuangan Bulgaria untuk pembebasan.

Sejarah: Temuan arkeologi merupakan bukti bahwa daerah itu diselesaikan sejak Antiquity. Penyelesaian, bernama Batak, disebutkan dalam dokumen abad ke-16.Banyak Bulgaria dari desa setempat mencoba untuk melarikan diri dari konversi paksa iman Islam dan menetap Batak. Pada awal abad ke-19 Batak adalah sebuah pemukiman besar dan makmur. Industri kayu adalah pekerjaan utama warganya dan ada banyak pekerja kayu dan pabrik kayu di kota. Pemuliaan saham juga dikembangkan di Batak. Pada 1813 gereja "St Nedelya "dibangun. Candi ini menjadi salah satu situs yang paling tragis dan suci di Batak dan Bulgaria. Sekolah Kota dibuka pada tahun 1835.




Setelah penindasan keganasan pemberontakan April tahun 1876, Batak menjadi simbol kemartiran Bulgaria dan pengorbanan diri atas nama kebebasan. 5000 orang kejam dibunuh oleh gerombolan Ottoman, yang dikenal sebagai Bashi-bazouk, dalam cara yang sangat berarti. Orang-orang kaya dari Batak pergi ke tentara Ottoman untuk menjatuhkan senjata mereka. Musuh berpura-pura menerima penyerahan tetapi ketika Bulgaria dibiarkan tanpa senjata Ottoman menyerbu kota.Laki-laki dan anak-anak dibantai langsung dan perempuan diperkosa dan kemudian dibunuh. Sekitar 2000 pria, wanita dan anak-anak berhasil bersembunyi di "St.Nedelya "gereja. Tapi candi itu terlalu kecil dan banyak dari mereka tercekik. Ada tidak ada air di dalam gereja sehingga korban minum darah orang mati. Para wanita menggali lantai gereja dengan tangan mereka untuk menemukan air bawah tanah untuk anak-anak. Setelah 3 hari pengepungan Bulgaria membuka pintu gereja. Para bangku bergegas dan membunuh mereka sejenak. Sekitar 300 orang yang masih hidup untuk memenuhi Pembebasan Bulgaria pada tahun 1878.

Tindakan kejam ini kekerasan yang tersisa dalam sejarah sebagai Batak pembantaian. Hal ini diperhatikan oleh beberapa penulis yang paling terkenal, wartawan dan tokoh masyarakat. Victor Hugo, William Gladstone, John McGahan, Dostoefski dan Tolstoy memberikan ekspresi protes dan kemarahan mereka terhadap kekejaman Ottoman.




Sumber : 
http://www.visitbulgaria.net/en/batak/batak.html





3 komentar:

  1. Perlu diteliti lagi oleh para arkeolog, mengenai marga Sitinjak (no.1 jumlah didunia) dengan marga Tinjak di Bosnia (no. 2 jumlahnya didunia)

    BalasHapus
  2. Perlu diteliti lagi oleh para arkeolog, mengenai marga Sitinjak (no.1 jumlah didunia) dengan marga Tinjak di Bosnia (no. 2 jumlahnya didunia)

    BalasHapus

Jangan lupa meninggalkan komentar anda disini.

DAFTAR ARTIKEL WBC


'