Minggu, 20 September 2015

FILM BERTHEMAKAN BATAK YANG LAYAK ANDA TONTON

Suku Batak memiliki keunikan dan kekhasan yang tentunya tidak dimiliki suku-suku lain. Sering kita lihat logat dan cara berbicara orang batak diangkat kedalam layar  telivisi ataupun layar lebar sebagai sesuatu yang unik dan menghibur.
Berikut beberapa film nasional yang sudah tayang di bioskop-bioskop ditanah air yang sumber inspirasinya, thema dan backgroundnya adalah adat istiadat dan budaya suku batak.

 TOBA DREAM

Sinopsis
Berkisah tentang cinta yang kadang tersesat dalam menemukan kebenaran. Sersan Tebe mendidik anak-anaknya seperti pasukan tempur. Ketika Ronggur, anak sulungnya, memberontak, terjadilah konflik mendalam antara keduanya.Sersan Tebe mengandalkan pensiunan tentara dan memilih pulang kampung. Ronggur menolak hidup apa adanya. Ia ingin membuktikan bahwa ayahnya salah. Dengan penuh siasat,
Ronggur menjelma menjadi bos mafia narkoba dan merebut Andini dari yang berasal dari keluarga ningrat. Beruntung ada Kristin, ibunda Ronggur, yang menjadi jembatan antara Sersan Tebe dan Ronggur.

Produser       : Rizaludin Kurniawan
Sutradara      : Benni Setiawan
Penulis          : Benni Setiawan, TB Silalahi
Pemeran       : Vino G Bastian, Mathias Muchus, Marsha Timothy
Tanggal edar :  Thursday, 30 April 2015




LAMARAN

Sinopsis
Karir Tiar Sarigar, pengacara muda ambisius asal Batak, tiba-tiba melejit berkat keberaniannya membela Basuki untuk kasus korupsi yang melibatkan Arif Rupawan, bos mafia. Gara-gara liputan media, Tiar menjadi terkenal dan membuatnya menjadi sasaran ancaman pembunuhan dari Arif yang takut Tiar akan membongkar keterlibatannya.Muncul untuk melindungi Tiar, dua super agent Ari dan Sasha.
Mereka kadang-kadang menghalalkan segala cara, termasuk merekrut resepsionis kantor Tiar yang polos, Aan, cowok Sunda, untuk menjadi mata-mata dengan “menjadi” pacar Tiar. Sialnya, keberadaan Aan sebagai “pacar” Tiar justru ditanggapi serius oleh keluarga besar Tiar, karena Aan bukan orang Batak. Demi menjaga penyamarannya, Aan berusaha mengambil hati keluarga besar Sarigar.

Di sisi lain, Bu Sarigar berusaha menjodohkan Tiar dengan Raymond, pemuda Batak ganteng sempurna supaya Tiar mau “memutuskan hubungan” dengan Aan. Tidak disangka-sangka, dengan kepolosan dan keluguannya, Aan justru betul-betul mengambil hati Tiar. Bahkan, Aan juga berhasil memberi inspirasi ke Bu Sarigar untuk berani tampil meraih cita-citanya, menjadi seorang stand up comedian.

Masalah muncul saat ibu Aan, Bu Euis, tahu juga mengenai hubungan Aan dan Tiar. Bu Euis yang mencoba berbesar hati anaknya menikah bukan dengan orang Sunda, shock saat berhadapan dengan keluarga Sarigar. Apalagi Bu Sarigar juga memanfaatkan kepanikan Bu Euis. Ia menakut-nakuti Aan agar membatalkan rencana untuk melamar.

Produser         : Gope T Samtani
Sutradara        : Monty  Tiwa
Penulis            : Cassandra Massardi
Pemeran          : Arie Kriting, Sacha Stevenson, Reza Nangin, Acha Septriasa, Cok Simbara,                      Mak Gondut, Wieke Widowati
Tanggal edar   : Wednesday, 15 July 2015


 
MURSALA

Sinopsis
Anggiat Simbolon (Rio Dewanto) merantau dari kampungnya Sorkam Tapantiur Tengah ke Jakarta. Dia sukses menjadi pengacara dan dibanggakan orangtua, namun belum sempurna karena ibunya mengharapkan Anggiat menikah dengan pariban-nya (saudara sepupu).Hal itu tidak mudah, karena di Jakarta Anggiat telah memilih wanita batak lain yang dicintainya yakni Clarissa Saragih (Anna Sinaga), seorang presenter televisi. Persoalan muncul karena marga mereka berdua masuk dalam larangan adat. Mereka tidak mungkin menikah, kecuali keluar dari marganya masing-masing. (Konon, ada 70 marga berbeda yang tidak boleh
saling nikah).Di tengah kegalauan, Anggiat bertemu kembali dengan Taruli Sinaga, pariban yang ternyata teman masa kecilnya di Pulau Mursala. Uli, pecinta alam biota laut ini, mengagumi Anggiat
sejak kecil.

Sutradara        : Viva Westi
Penulis             : Viva Westi, Tubagus Deddy
Pemeran          : Rio Dewanto, Anna Sinaga, Titi Handayani Rajobintang
Tanggal edar    :  Thursday, 18 April 2013
Bahasa utama  :  Indonesia
Bahasa lainnya : Batak, Minang, Inggeris




DEMI UCOK

Sinopsis
Gloria Sinaga atau Glo (Geraldine Sianturi) tidak ingin jadi seperti ibunya:  nikah, melupakan impiannya,dan hidup rutin selamanya. Ibunya, Mak Gondut, divonis sakit dan umurnya tinggal setahun. Di sisa waktunya, Mak Gondut bertekad mencari "Ucok", sosok Batak idaman buat Glo.Glo bermimpi jadi sutradara terkenal. Glo pernah membuat film pertama dan wanita ini bertekad bahwa film keduanya harus lebih sukses.
Namun, mimpi Glo bukanlah mimpi yang mudah untuk diwujudkan. Glo harus menerima kenyataan susahnya mencari orang yang mau menjadi produser dan investornya. Ditambah lagi ada keinginan Mak Gondut, agar Glo segera menikah dengan pria Batak. Sebagai wanita Batak, Mak Gondut, percaya bahwa kesuksesan seorang wanita Batak diukur dari keberhasilannya berumahtangga.Glo menolak ide ibundanya tersebut. Di sisi lain, Mak Gondut menawarkan jalan keluar pendanaan filmnya. Konflik berkembang dan kemudian melibatkan banyak pihak, termasuk teman-teman  Glo, Nikki (Sairah Jihan) dan Acun (Sunny Soon).

Produser       :  Sammaria Simanjuntak
Sutradara      : Sammaria Simanjuntak
Penulis           : Sammaria Simanjuntak
Pemeran        : Geraldine Sianturi, Lina Marpaung
Tanggal edar  :  Thursday, 03 January 2013



   Source : http://filmindonesia.or.id
                                                                                      











0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa meninggalkan komentar anda disini.

DAFTAR ARTIKEL WBC


'